Selasa, 16 Februari 2010

MANFAAT MAKAN IKAN

Makan dengan lauk ikan mungkin adalah suatu hal yang biasa bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun teryata konsumsi ikan masyarakat Indonesia tergolong rendah yaitu sekitar 26 kg/kapita/tahun nilai ini jauh dibawah standar yang diberikan FAO yaitu 30 kg/kapita/tahun bila dibandingkan dengan Negara jepang 110 kg/kapita/tahun, Korea Selatan 85 kg/kapita/tahun, Malaysia 45 kg/kapita/tahun, dan Thailand 35 kg/kapita/tahun. Cukup ironis memang mengingat Negara Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki sumber daya perairan yang sangat luas, bahkan garis pantai 81.000 km2 terpanjang di dunia ke 2 setelah kanada.

Mungkin sudah banyak artikel tentang manfaat makan ikan, tatapi tak ada salahnya bila saya menuliskan kembali beberapa manfaat dari memakan ikan sehingga diharapkan dengan mengetahui manfaat dari memakan ikan ini akan dapat meningkatkan konsumsi ikan nasional dan tentunya akan dapat meningkatkan produksi budidaya perikanan di Indonesia (setidaknya bisa menambah penghasilan saya kalau nanti jadi pengusaha ikan).

Ikan segar memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. kandungan protein dalam tubuh ikan sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Ikan mengandung 18% protein terdiri dari asam-asam amino esensial yang tidak rusak pada waktu pemasakan. Kandungan lemaknya 1%-20% lemak yang mudah dicerna serta langsung dapat digunakan oleh jaringan tubuh.

Ikan merupakan makanan sumber protein yang sangat penting untuk pertumbuhan tubuh. Kandungan lemaknya sebagian besar adalah asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan dapat menurunkan kolesterol darah.
Bila dibandingkan dengan daging sapi dan ayam kandungan protein dan gizi ikan relative sama, akan tetapi daging ikan dianggap lebih baik karena mengandung Omega 3 dan Omega 6. Omega 3 dan Omega 6 termasuk asam lemak tak jenuh jamak esensial yang berguna untuk memperkuat daya tahan otot jantung, meningkatkan kecerdasan otak jika diberikan sejak dini, melenturkan pembuluh darah, serta dapat menurunkan kadar trigliserida, mencegah penggumpalan darah, dan mencegah munculnya berbagai jenis kanker.
asam lemak omega 3 memiliki efek mengurangi peradangan dalam tubuh. Jadi kita bisa terhindar dari penyakit jantung, omega 3 juga berperan untuk mencegah timbulnya penyakit lainnya seperti Alzheimer dan demensia vaskuler.
Vitamin yang ada dalam ikan juga bermacam-macam yaitu vitamin A, D, Thiamin, Riboflavin dan Niacin. Ikan juga mengandung mineral yang kurang lebih sama banyaknya dengan mineral yang ada dalam susu seperti kalsium, fosfor.
Masyarakat jepang dan Eskimo yang pola kebiasaan makan ikannya tinggi setidaknya memberi petunjuk kuat atas sangat rendahnya kejadian penyakit jantung serta penyakit degenaratif pada masyarakat tersebut.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.) dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan

Pemerintah Republik Indonesia dalam hal ini menteri Kelautan dan  Perikanan mengeluarkan peraturan baru untuk pengelolaan lobster ...